Sabtu, 13 Juli 2013

pengalaman memakai nokia lumia 520

salam sobat, berhubung belum lama ini saya membeli hh baru yaitu nokia lumia 520, kali ini saya ingin share pengalaman saya.



 pertama tama saya ingin memberi alasan mengapa saya memilih hh tersebut:
1. ingin mencoba pengalaman yang berbeda (os windowsphone dengan metro ui)
2. bentuk yang menarik dengan warna yang cerah
3. harga murah untuk spesifikasi di kelasnya (saya beli 1.875 jta)
4. tentunya brand "mantan penguasa handphone" nokia
5. perkembangan windows phone yang cukup agresif

dibawah ini adalah spesifikasi lumia 520:
prosesor 1ghz snapdragon s4
kerapatan layar 235ppi
ram 512 mb
memori internal 8gb
kamera 5 mp
untuk lengkapnya bisa dilihat d gsmarena.com atau search google

langsung saja kelebihan dan kekurangannya
(+)
- layar responsif, pergeseran layar sangat smooth. memang tidak seperti iphone 5, tapi untuk range harga dikelasnya, saya rasa salah satu yang terbaik
- microsoft office
- one note, note terbaik yang pernah saya temui
- sampai sekarang masih sangat suka dengan tampilan live tilenya. seperti yang dibilang sebelumnya, os baru, pengalaman baru
- nokia maps, yang setahu saya untuk wilayah indonesia salah satu yang terbaik
- update cepat, saat hari kedua semenjak saya beli, terdapat 14 aplikasi yang bisa diupdate, termasuk settingan dari nokia sendiri
- terdapat key shutter kamera
- os nya simpel tetapi mengesankan, untuk saat ini saya rasa UI nya yang terbaik. mungkin secara garis besar bisa dibilang perpaduan antara ios dan android, dimana ios terlalu simpel dan membosankan, dan android terlalu bebas dan merepotkan

(-)
- casing belakang sangat terasa aroma "murahan". tetapi saya akali dengan case jelly transparan yang harganya lumayan, jadi saat digenggam tidak terasa murahannya. ditambah lagi dengan gabungan warna yang cerah, makin bergaya
- kamera biasa saja, tidak terlalu istimewa. lebih parah jika kekurangan cahaya (indoor)
- sudah bukan rahasia lagi jika windows phone store masih sepi aplikasi ataupun game. saya ingin menambahkan kekurangannya lagi yaitu masih terdapat bug pada beberapa aplikasi yang saya pakai. contohnya saja aplikasi bernama batterai yang saya tempatkan pada menu kotak kotak seharusnya menunjukkan persentase batterai hh, tetapi kenyataannya tidak berfungsi secara real time, begitu juga dengan aplikasi sejenisnya.
- masih terdapat lag, sesekali terasa saat mengetik.
- suara yang keras tetapi perpaduan antara treble dan bassnya buruk
- menggunakan micro simcard, merepotkan saat ingin ganti kartu
- browse terbaik yang bisa dipakai hanya IE, yang menurut saya fasilitasnya masih kalah dengan browse os lain semacam chrome, dolphin. saya sudah coba browser lain yang mungkin bisa diandalkan di marketplace yaitu UC browser, tetapi saat saya pakai ternyata sangat lag.. mengecewakan

kesimpulan:
karena saya sudah memiliki gadget dengan os android dan ios, pilihan saya membeli nokia 520 yang statusnya os windows phone dengan segala resiko (aplikasi yang sedikit, pengguna yang masih sedikit), saya cukup puas, karena memang tujuan saya dari awal hanyalah ingin tampil beda dan mencoba pengalaman baru. mungkin untuk kalian yang berharap lebih dalam hal dukungan developer akan kecewa, saya pun jika hanya memiliki hh ini akan merasakan hal yang sama. namun melihat gencarnya microsoft dan nokia untuk menggaet para developer terkenal tidak bisa dianggap remeh, bukan tidak mungkin dalam beberapa tahun kedepan market place akan dapat disandingkan dengan play store, atau bahkan apps store. tetapi untuk kalian yang sudah bosan dengan os robot ijo maupun ios, saya sangat sangat merekomendasikan, harus, dan wajib memilikinya.

jika masih ada yang bingung dengan penjelasan saya, ataupun ada pertanyaan seputar lumia 520, bisa bertanya dikolom komentar. sekian dan terimakasih

3 komentar:

  1. Mohon pencerahan gan, Cara buat daftar musik. Ribet jg ... Dan blm ketemu.

    BalasHapus
  2. bagaimana cara mendapatkan konten media. karna saya gk bisa lhat gambar yang dikirimkan teman di inbox saya

    BalasHapus
  3. Kode error 0x80048246... Cara ngatasinnya gmn gan?

    BalasHapus